Si Jenius Dari Indonesia

tumblr_mll8wnqkt81s9f39ho1_400
Raden Mas Panji (R.M.P) Sosro Kartono
“Agama tanpa ilmu buta, ilmu tanpa agama lumpuh” (Albert Einstein)
Adakah hubungan antara R.A. Kartini dengan ALbert Einstein?
Kedua tokoh yang sudah tidak asing ditelinga kita itu memang tidak ada hubungan secara langsung. Tetapi memang ada hubungan antara Albert Einstein dengan seorang warga Negara Indonesia yang mungkin tidak pernah terdengar ditelinga kita. Dialah Raden Mas Panji (R.M.P) Sosro Kartono, yang tak lain dan tak bukan adalah kakak kandung R.A. Kartini. Bangas Indonesia harus bangga pernah memiliki ilmuwan satu ini, yang oleh orang Belanda dijuluki “Si Jenius dari Timur”. Sayang sekali tidak banyak rakyat Indonesia yang mengenalnya, terutama generasi muda yang justru lebih mengenal Albert Einstein. Profil R.M.P. Sosro Kartono
Diskusi dengan Einstein
Sepak terjang dan kejeniusan Raden Sosro Kartono membuat seorang jenius lain dari Jerman tertarik untuk berdiskusi. Dialah si jenius penemu Teori Relativitas yang terkenal itu, Albert Einstein. Bukanlah hal yang sulit bagi Raden Sosro Kartono untuk diajak diskusi oleh Einstein mengingat sejak muda beliau sudah menguasai 24 bahasa asing, tentu saja termasuk bahasa Jerman. Lalu apa yang di diskusikan Albert Einstein dengan Raden Sosor Kartono? Apakah ada kaitannya dengan Teori Relativitas?

 

Sebagai seorang ahli Fisika, tentu saja yang di diskusikan Einstein dengan Raden Sosro Kartono berkaitan dengan bidang ilmu yang ia tekuni. Namun yang cukup mengejutkan ternyata isi diskusi tersebut terutama membicarakan tentang prinsip keikhlasan. Lalu apa hubungannya ilmu Fisika dengan prinsip keikhlasan yang merupakan inti dari ajaran-ajaran Raden Sosro Kartono?
Ternyata hubungannya sangat erat. Ilmu Fisika adalah bidang ilmu yang atas beberapa tingkatan mulai dari Fisika materi, molekul, energi, atom sampai pada Fisika Quantum. Prinsip keikhlasan berhubungan dengan tingkatan Fisika Quantum, di mana Einstein memperkenalkan satu teori yang dikenal denganUnified Field Theory (Teori Medan Terpadu).
Realitas alam semesta ini berdiri di atas prinsip keikhlasan, dimana residu pun didaur ulang sehingga mendatangkan kemanfaatan.
(Teori Medan Terpadu)

 

Artikel ini dikutip dari buku “The Power of Indonesia Raya” yang ditulis oleh Gunadi Widi Nurcahyo, Phd.

This Post Has Been Viewed 23 Times

Share This:

Related posts