Wisata Alam Bukit Lawang

bukit-lawang-4
Objek wisata alam Bukit Lawang terletak di Kecamatan BahorokKabupaten Langkat – Sumatera Utara, lebih tepatnya di bagian Hulu Kab.Langkat. Bukit Lawang berbatasan langsung dengan kawasan Taman Nasional Gunung Leuser serta menjadi tempat konservasi alam dan penangkaran Orangutan.
Bukit Lawang merupakan objek wisata di sumatera utara yang telah dikenal sampai mancanegara, banyak wisatawan asing yang datang ke tempat wisata ini. Selain orangutan yang merupakan primata asli indonesia sebagai daya tarik wisatawan baik domestik dan mancanegara, hutan – hutan yang asri dan tempat pemandian alami juga menjadi magnet untuk menarik para wisatawan untuk berkunjung.

Untuk menuju lokasi ini, butuh waktu yang cukup lama jika ditempuh dari kota medan. Jarak dari titik 0 (nol) Km dari kota medan sekitar 90 Km, selanjutnya anda dapat menggunakan Taksi atau angkot menuju terminal pinang baris. dari teminal pinang baris, anda dapat memilih beberapa transportasi untuk menuju Bukit Lawang yaitu Bus Travel L-300 atau Mini Bus yang sering disebut warga sekitar adalah PS, Bus – bus tersebut langsung menuju tempat wisata Bukit Lawang dengan biaya kisaran Rp. 15.000,- sampai Rp. 25.000,-.
Namun jika anda dari Bandara Internasional Kuala Namu jarak yang ditempuh semakin jauh lagi, sekitar 120 Km. Dari Bandara ada banyak pilihan transportasi yang dapat digunakan, namun penulis menyarankan untuk menggunakan Bus bandara yaitu ALS yang menuju kota Binjai dengan biaya sekitar Rp. 40.000,- menuju Binjai. Setelah sampai di Pool Bus ALS binjai, selanjutnya anda menuju Tanah Lapang Merdeka Binjai bisa menggunakan Betor (Becak Motor) atau angkot, penulis sarankan untuk menggunakan Betor agar langsung diarahkan ke tempat pemberhentian Bus yang menuju Bukit Lawang.
Setelah anda sampai di Bukit Lawang, walaupun lokasinya berada di Taman Nasional Gunung Leuser namun anda jangan pernah khawatir dengan masalah tempat tinggal. Disana banyak penginapan yang dapat anda booking, mulai dari yang kelas ekonomi hingga kelas atas. Penginapan – penginapan tersebut sangat menggoda anda untuk bermalam disana, ada yang dekat dengan keramaian dan ada juga yang jauh dari keramaian, yang pastinya lokasinya berada ditempat yang nyaman.
Bagi pengunjung yang ingin melihat primata langka yaitu orangutan, pengunjung harus menyebrangi sungai dibagian hulu sungai. Namun tidak setiap waktu pengunjung bisa melihat orangutan, ada waktu – waktu tertentu untuk mengunjunginya, biasa nya pengunjung harus menunggu rombongan yang akan menuju kesana juga. Waktu nya untuk sesi pertama jam 9 pagi sampai jam 10 siang dan sesi kedua jam 3 sore sampai jam 4 sore, perjalanan menuju tempat penangkaran orangutan kira – kira 15 menit sampai 20 menit.
Selain tempat wisata yang alami dan primata yang langka serta pemandian alam yang segar, pengunjung juga dapat berbelanja pernak pernik khas bukit lawang (kaos, asesoris, topi, lukisan, dll). Ada satu objek lagi yang cukup menarik untuk anda kunjungi, yaitu Goa Kampret (Kelelawar)
 
Jarak untuk menuju Goa Kampret dari pusat wisata bukit lawang sekitar 2 – 3 Km menuju kedalam hutan. Penulis menyarankan untuk menggunakan pemandu jika ingin kesana, karena jalur menuju gua tersebut sedikit rumit. Setelah berada di pintu goa, pengunjung akan bertemu dengan posko penjaga pintu goa, ditempat tersebut pengunjung bisa menyewa senter agar dapat melihat – melihat isi goa. Penulis menyarankan jangan pernah terpisah dengan pemandu saat berada didalam goa, karena kemungkinan anda akan tersesat didalam goa.
Ok para traveller, silahkan berkunjung Objek Wisata Bukit Lawang.
Kalau uda selesai bacanya jangan lupa :
Like fans page nya https://www.facebook.com/IswanOnlineBlog
Follow twitter nya https://twitter.com/SiswanSyahputra
atau
Google+ https://plus.google.com/u/0/108826090990153233253
Sekian dan terima kasih, salam bye bye, see you…. daaaaaa daaaaaa….
 

This Post Has Been Viewed 65 Times

Share This:

Related posts