Tips Ampuh Menyelesaikan Skripsi

ga-galau

Halo sobat iswan.. apa cari? (^_^)

Lagi buat skripsi ya? mau gampang ngerjai skripsinya biar cepet selesai? mau cepet wisuda? mau cepet meried? hehehehe…
Skripsi…Skripsi…Skripsi…Skripsi…
Itu lah hal wajib yang harus dilewati oleh para mahasiswa tingkat akhir, hal tersebut membuat para mahasiswa harus belajar semaksimal mungkin supaya lulus tepat waktu. Namun terkadang banyak kendala yang menyebabkan skripsi sulit untuk dikerjakan bahkan sampai menyebabkan skripsi tidak selesai atau gagal sewaktu sidang.
Pada artikel ini, mas iswan mau kasih tips supaya skripsinya bisa diselesaikan, baca sampai abis ya supaya gak galau lagi 😀

1. Buatlah batas waktu atau deadline


Salah satu yang menyebabkan skripsi lama selesai yaitu karena faktor waktu, terkadang mahasiswa merasa waktu untuk mengerjakan skripsi masih lama lagi. Biasanya perguruan tinggi memberi batas waktu pengerjaan skripsi sekitar 4 sampai 5 bulan. Pada bulan pertama kebanyakan mahasiswa masih santai karena waktu mengerjakan skripsi masih beberapa bulan lagi.
Nah… hal ini lah yang mesti dihindari oleh para mahasiswa, ubah pola pikir kamu yang seperti itu, anggap waktu yang diberikan kampus hanya beberapa minggu saja. Jadi secara otomatis kamu akan giat mengerjakan skripsi, hal ini terbukti saat batas waktu  pengerjaan skripsi tinggal beberapa minggu lagi, para mahasiswa begitu rajin bimbingan dengan dosen pembimbingnya.
Jadi buatlah deadline sendiri dalam pengerjaan skripsi, misalnya kampus memberikan batas waktu sekitar 4 bulan, anggap saja batas waktu yang diberikan kampus hanya 2 bulan saja atau hanya 1 bulan lebih. Maka, percayalah kamu akan rajin mengerjakannya.
2. Judul menentukan keberhasilan
Terkadang mahasiswa terjebak dengan judul yang mereka ambil, mengambil judul di luar batas kemampuan atau diluar keahlian, alasanya supaya cepat di terima judulnya. Tapi tanpa kamu sadari itulah awal kamu masuk pada kondisi yang menyulitkan. Karena kamu tidak menguasai tema yang kamu ambil, akhirnya kamu membutuhkan waktu tambahan untuk belajar ulang.
Jadi cari lah judul yang kamu senangi dan sesuai dengan keahlian kamu, kalau kamu senang pasti gampang toh mengerjakan nya.

3. Cari tempat yang nyaman


Dalam mengerjakan skripsi memerlukan kondisi dimana kamu merasa nyaman, sehingga dapat memunculkan ide dan inspirasi. Tempat yang nyaman bisa bermacam – macam tergantung dari kamunya sendiri, ada yang nyaman di kamar, ada yang nyaman di taman, ada juga yang nyaman perpustakaan, terus ada juga yang nyaman di kolam renang. hehehehe, jangan mengerjakan skripsi dikolam renang toh, nanti laptop nya jadi ikut berenang (^_^), dan jangan juga di mall, nanti malah shoping shoping jadi nya.
Pastinya pilihlah tempat yang bisa membuat kamu merasa tenang.

4. Dosen pembimbing sama dengan gebetan


What? gebetan? bisa gawat ntar…
aduh jangan lebay gitu dong, ini beneran. Perlakukan dosen pembimbing seperti gebetan kamu, kalau kamu punya gebetan pasti kamu perhatian dengan si doi, cari tau apa makanan kesukaan nya, ulang tahun nya kapan, ukuran sepatunya berapa, tinggal nya dimana, anaknya berapa (^_^).
Inget lo… dosen juga manusia yang butuh perhatian, weleh mas iswan ni lebay banget, kayak pernah jadi dosen aja 🙂

Skripsi itu gak cuma butuh otak tapi juga butuh strategi, yang nentui layak atau tidak nya skripsi kamu adalah dosen pembimbing, bukan mesin atau komputer. Selingi cerita cerita menarik yang sesuai dengan ketertarikannya, jadi dosen menganggap kamu seperti temannya. Nah kalau dosen pembimbing kamu merasa nyaman tentu nya kamu akan dibantu dalam pengerjaan skripsi.

Tapi hati – hati dengan cara ini, karena setiap dosen memiliki prinsip yang berbeda – beda. Salah sedikit dosen pembimbing kamu bisa tersinggung, bukan nya menjadi lebih tapi malah jadi semakin berabe.

5. Hargai karya dosen pembimbing


Jika dosen kamu memiliki sebuah karya, misalkan beliau telah menulis buku dan telah beredar di pasaran, ada baiknya kamu membelinya. Kemudian bawa saat kamu bimbingan, walaupun buku tersebut belum tentu sesuai dengan penelitian kamu, tapi ini bisa menjadi cara yang cukup baik, karena secara tidak langsung kamu memperlihatkan rasa ketertarikan terhadap hasil karya dosen kamu.

Bisa jadi kamu dianggap sebagai mahasiswa yang rajin belajar, yaa… walaupun belum tentu bukunya kamu baca sampai habis atau hanya sekedar melihat sampulnya aja (^_^).

6. Rajin dateng ke acara wisuda teman.


Nah… cara ini bisa memberi motivasi kepada dirimu sendiri, dengan hadir ke acara wisuda teman, pastinya akan meningkatkan keinginan kamu agar segera lulus kuliah, dan membuat kamu semakin rajin mengejakan skripsi.

Tapi jangan sering – sering dateng ke acara kawinan ya.. ntar malah kepengen cepet nikah 😀

7. Gabung dengan lingkungan mahasiswa yang ingin cepat lulus


Lingkungan itu sangat mempengaruhi semangat dan pemikiran, jika kamu biasanya gabung dengan teman – teman yang terlalu santai menghadapi skripsi, mulai sekarang sedikit ubah cara pergaulan kamu. Untuk saat ini rajin – rajin lah bergabung dengan orang – orang yang memiliki keinginan tinggi untuk segera lulus.

Dengan cara tersebut maka kamu juga akan termotivasi agar semakin rajin lagi menyelesaikan skripsi. Cara ini juga bisa kamu manfaatkan untuk sahring dengan teman –  teman yang memiliki kemampuan lebih.

8. Kurangi jadwal nongkrong


Ningkrong bareng teman –  teman memang seru dan bisa ngilangi setres, tapi jangan terlalu sering. Kalau kamu biasa nongkrong 3 kali sehari. hehehe, kayak minum obat aja ya. Mulai sekarang sebaiknya kamu nongkrong seminggu sekali aja, supaya kamu lebih fokus mengerjakan skripsi.

9. Minta doa dan restu orang tua


Ini yang sering kelupaan sama para mahasiswa, inget lo surga itu ada dibawah telapak kaki ibu. Begitu juga dengan skripsi, jika ibu kamu mendoakan anak nya supaya dipermudahkan skripsinya, insya allah akan bakalan jadi mudah lo… (^_^). eee.. tapi jangan lupa minta doa sama ayah juga ya, ntar gak di kasih uang jajan lo… I love you mom and dad.

10. Rajin berdoa dan beribadah


Selain doa dari ibu, kamu juga mesti rajin berdoa, beribadah dan juga sedekah, supaya semua urusan kamu di permudah oleh yang Maha Kuasa. Amin…

Itu lah beberapa tips dari mas iswan, walaupun cuma seorang blogger tetapi dulu saya juga pernah kuliah lo. hehehehe… Mudah – mudahan tips ini bisa memberi motivasi bagi para mahasiswa tingkat akhir. Ayo toga sedang menanti untuk kamu kenakan, calon pendamping juga uda nunggu tu di penghulu. (^_^).

Kalau uda selesai bacanya jangan lupa :
Like fans page nya https://www.facebook.com/IswanOnlineBlog
Follow twitter nya https://twitter.com/SiswanSyahputra
atau
Google+ https://plus.google.com/u/0/108826090990153233253
Sekian dan terima kasih, salam bye bye, see you…. daaaaaa daaaaaa….

This Post Has Been Viewed 72 Times

Share This:

Related posts