7 Etika Megirim Pesan Singkat Kepada Dosen

SMS-yg-baik

Hai sobat iswan…. gmna kuliahnya, uda semester berapa sekarang? uda nyusun skripsi? gak terasa ternyata kamu uda gede ya (^_^) uda kuliah dan bakal jadi sarjana.

Sekarang ini jaman uda canggih, mau ngapain aja gampang, mau belanja tinggal pesan online, mau pergi tinggal hubungi gojek, lapar tinggal telpon, ujian jawabannya cari digoogle, mutusin pacar tinggal sms, ngusir tikus lempar pakai handphone (^_^) hampir semuanya bisa dikerjakan dengan smartphone. Apalagi mau izin kuliah, uda jarang tu mahasiswa yang menggunakan surat, langsung aja kirim pesan singkat ke dosennya lewat sms, bbm, line, WA, dll. Tapi karena begitu mudahnya untu mengirim pesan, terkadang mahasiswa lupa kalau dia sedang mengirim pesan ke dosennya.

Contohnya ada mahasiswa yang berani BBM dosen nya tengah malam buat kasih kabar kalau besok tidak masuk kuliah, atau via WA buat nanya soal tugas, atau kirim sms dengan kata kata yang alay, atau nelpon janjian ketemuan untuk bimbingan skripsi dan bla bla bla bla… Hadew.. ini mahasiswa atau pacar ya, pacar saya aja gak gitu gitu amat 🙂

Mungkin ada dosen yang gak mempermasalahkan soal itu, tapi gak semua dosen sama lo… hargai dong dosen kamu, walaupun kamu begitu akrab dengan beliau tapi etika baik itu harus tetap ada.

 

Nah… pada artikel ini mas iswan mau share tentang etika mengirim pesan singkat kepada dosen, berikut tipsnya :

  1. Perhatikan Waktu
    Mengirim pesan sebaiknya pada saat hari dan jam kerja, jangan mengirim pesan sewaktu dosen sedang libur atau bukan dijam kerja karena pada umunya saat tidak bekerja dosen tidak mau diganggu dengan rutinitas pekerjaannya, beliau juga butuh istirahat dan punya keluarga lo…
  2. Gunakan Bahasa yang Baik dan Benar
    Sebelum mengirim pesan ada baiknya kamu memilih bahasa yang baik dalam pesan kamu, jika pada umumnya kampus kamu menggunakan bahasa Indonesia dalam berkomunikasi maka gunakanlah bahasa Indonesia yang baik dan benar bukan bahasa ALAY ya..
  3. Mulailah dengan Kalimat Sapaan
    Selalu awali pesan kamu dengan kalimat sapaan, seperti “Assalamu’alaikum” BUKAN “Ass” atau “Aslkm” atau “Askom” atau lainnya. Kamu juga bisa menggunakan kalimat “Selamat Siang”, “Selamat pagi” sesuai dengan waktu.
  4. Sertakan Identitas Anda
    Wahai para mahasiswa/i inget lo dosen kamu bukan Phonebook berjalan yang menyimpan nomor hp seluruh mahasiswa dihandphone-nya. Jadi jangan lupa sertakan identitas kamu juga.
  5. Pesan Harus Jelas dan Singkat
    Saat mengirim pesan, tulislah pesan kamu dengan jelas dan singkat maksudnya bukan kata – katanya yang disingkat tapi jangan bertele tele sehingga tidak mebingungkan dosen kamu.
  6. Gunakan Kata Maaf
    Untuk menunjukan kerendahan hati dan sebagai bentuk penghormatan gunakanlah kata permohonan maaf di awal atau akhir pesan yang anda kirim.
  7. Akhiri dengan Ucapan Terima Kasih
    Dan yang terakhir jangan lupa akhiri dengan ucapan terima kasih ya (^_^)
Kalau uda selesai bacanya jangan lupa :
Like fans page nya https://www.facebook.com/IswanOnlineBlog
Follow twitter nya https://twitter.com/SiswanSyahputra
atau
Google+ https://plus.google.com/u/0/108826090990153233253
Sekian dan terima kasih, salam bye bye, see you…. daaaaaa daaaaaa….

This Post Has Been Viewed 60 Times

Share This:

Related posts