6 Cara Ampuh Agar Baterai Smartphone Tidak Cepat Low-Bat

baterai-smartphone-low

Halo sobat iswan.. apa cari (^_^)

Saat ini hampir semua orang di dunia punya yang namanya smartphone, dari anak baru lahir sampai lansia pegangannya sekarang adalah smartphone. Dan tentunya kamu juga pasti punya smartphone kan? kalau gak punya ngapain kamu baca artikel ini 🙂
Smartphone mampu membuat kita duduk berjam jam fokus menatap sebuah layar digital dengan berbagai keseruan yang ada didalamnya. Saat ini banyak orang yang tidak bisa lepas dari smartphone nya, pergi kemana pun smartphone pasti kagak ketinggalan. Dan biasanya tak hanya smartphone saja yang dibawa tapi ada juga pasangannya, yaitu powerbank.
Pada umumnya kalau seseorang membeli smartphone pasti membeli powerbank juga, pasti semuanya juga uda pada paham kalau smartphone itu boros banget baterai nya. Hal itu terjadi karena smartphone memiliki banyak fitur didalamnya, makanya boros banget baterainya. Berbeda dengan pendahulunya handphone bisa yang cuma biasa buat sms dan nelpon doang, baterainya bisa tahan sampai berhari hari. Karena cuma buat sms dan nelpon saja.

Pada artikel ini, mas iswan bakal kasih tips agar baterai smartphone kamu gak cepat habis. Berikut tips yang bisa diterapkan :

  1. Matikan Sinyal Radio
    Jika kamu sedang berada dilokasi yang susah sinyal yang terkadang ada sinyal dan terkadang tidak ada sinyal, mendingan kamu matikan saja sinyal radio nya. Karena dalam kondisi seperti itu smartphone akan bekerja ekstra untuk mencari koneksi sinyal yang baik, jadi secara otomatis baterai smartphone akan cepat terkuras. Untuk mematikan sinyal radio bisa melalui fitur “Setting”.
  2. Aktifkan Airplane Mode / Mode Penerbangan
    Cara ini juga dapat mematikan sinyal radio, jika ingin lebih gampang, kamu bisa menggunakan cara ini. Namun dengan meng-aktifkan fitur ini maka semua yang berhubungan dengan koneksi, seperti wifi dan bluetooth secara otomoatis akan non-aktif juga. Biasanya fitur ini digunakan saat seseorang berada di dalam pesawat terbang.
  3. Non-Aktifkan Mode Getar
    Dalam kondisi tertentu terkadang seseorang harus meng-aktifkan getaran smartphone nya, seperti pada saat rapat, berkendara, ujian, dll agar mengetahui jika ada panggilan atau pesan masuk saat nada dering nya tidak terdengar atau tidak ingin terdengar dalam situasi tersebut. Tapi sebenarnya dengan meng-aktifkan getaran pada smartphone maka akan memakan daya baterai yang cukup banyak. Jadi jika kamu tidak dalam situasi tersebut, sebaiknya menon-aktifkan kembali mode getaran nya.
  4. Menutup Aplikasi yang Tidak Penting
    Sering sekali saat menggunakan smartphone, banyak aplikasi yang dibuka secara bersamaan. Hal ini akan membuat smartphone bekerja lebih ekstra lagi dan pastinya akan menggunakan daya baterai lebih banyak serta membuat smartphone akan lola (loading lama), seperti kamu jika mengerjakan pekerjaan yang banyak maka akan semakin lelah dan memerlukan banyak energi dan akhirnya perut pun lapar (^_^). Jadi tutuplah aplikasi aplikasi yang tidak digunakan lagi.
  5. Stop Streaming
    Ini dia asiknya punya smartphone, kamu bisa dengan gampang menonton video atau mendengarkan musik lewat youtube asal ada kuota internetnya ya 🙂 akan tetapi kegiatan ini juga dapat menguras daya baterai smartphone dengan cepat, karena selain memutar video atau musik smartphone juga harus mengoptimalkan sinyalnya agar video atau musik tersebut bisa diputar. Jika kamu memang gemar memutar video atau musik lebih baik menyimpan nya terdahulu dimedia player, cara ini akan lebih menghemat daya baterai.
  6. Kurangi Pencerahan
    Nah tips yang terakhir yaitu dengan mengurangi tingkat pencahayaan layar smartphone kamu, semakin terang cahayanya maka akan semakin cepat menguras daya baterai.

Semoga tips diatas dapat membantu dalam menghemat daya baterai smartphone kamu. Jika artikel ini bermanfaat bagikan lewat media social yuk, copy paste juga boleh tapi jangan lupa sertakan sumbernya ya.. (^_^)

This Post Has Been Viewed 67 Times

Share This:

Related posts